-->

Apa itu Imei,dan apa fungsinya

gambar kode imei
Apa sih imei itu dan apa sih fungsi nya?..Dalam kesempatan ini amang kutu akan membahas tentang apa itu imei beserta fungsinya.
sebelum itu sahabat dunia mengucapkan terimakasih kembali kepada sahabat yang telah meluangkan waktu nya untuk berkunjung ke blog amang kutu yang sederhana ini.


Kita sering mendengar dengan istilah imei. Apalagi bagi sahabat yang sering mengotak atik smartphone sahabat.

Istilah Imei tidaklah asing kita dengar, sahabat pasti sering mendengarnya saat membeli smartphone baru,biasanya para sales nya pada saat mengambilkan smartphone buat sahabat, dan saat melakukan unboxing smartphone sahabat, hal yang pertama dia lakukan adalah ngecek nomor imei nya dan membandingkan dengan box smartphone itu sendiri.

Imei sangat penting bagi smartphone yang kalian beli. Walaupun begitu, banyak orang yang tidak mengetahui fungsi imei itu sendiri dan mengapa nomor ime sangat penting.

Semakin maraknya pencurian smartphone sekarang, menyebabkan kode kode IMEI memiliki peranan dan nilai yang tidak boleh diremehkan. Hal ini karena NOMOR IMEI memiliki berbagai macam data yang berhubungan dengan smartphone atau ponsel yang sahabat miliki. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu IMEI?

IMEI itu di ibaratkan kartu identitas / KTP,Jika sahabat membeli smartphone baru sahabat dapat melihat angka IMEI di beberapa bagian seperti kotak perangkat, baterai, ataupun pada bungkus ponsel yang baru sahabat beli

Lalu banyak yang bertanya “IMEI itu penting gak sih?” YA PASTI PENTING!!! Sahabat akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini hingga selesai, Akan ada pengertian, dan cara mengetahuinya dengan mudah. Pada kesempatan kali ini sahabat dunia akan menjelaskan dan mengupas lebih dalam mengenai pengertian dari IMEI, fungsi dari IMEI serta bagaimana cara melihat kode IMEI pada smartphone kita, silahkan sahabat simak dan baca dengan hikmat  ulasan berikut ini.



Pengertian IMEI

Apa itu IMEI....?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor identitas sebuah android. IMEI pada setiap SMARTPHONE  berbeda beda, hal ini karena IMEI merupakan sebuah identitas smartphone,makanya setiap ponsel memiliki nomor atau kode IMEI yang berbeda-beda. IMEI sering kita lihat pada dus box ponsel yang kita miliki, sahabat juga bisa melihat kode IMEI pada nota pembayaran saat membeli smartphone baru.Seperti yang telah sahabat dunia katakan di atas bahwa hal yang pertama yang dilakukan sales smartphone itu pada saat melakukan unboxing adalah ngecek kode atau nomor imei.

Biasanya kode IMEI terdiri dari 14 digit angka, namun untuk ponsel terbaru keluaran sekarang memiliki 16 digit angka desimal. Untuk apa sih IMEI dibuat...? Pasti pertanyaan ini pernah muncul di pikiran sahabat bukan!!!.Yah, seperti namanya IMEI dibuat untuk mempermudah dalam mengidentifikasi sebuah ponsel.

Selain untuk mengidentifikasi ponsel.IMEI juga bisa digunakan untuk memcegah atau memblokir ponsel tersebut supaya tidak bisa lagi mengakses jaringan seluler. Jadi saat kalian kehilangan ponsel kalian, kalian bisa meminta pada provider atau layanan jasa jaringan yang kalian gunakan untuk memblokir ponsel yang hilang tadi dengan cara mengirim kode IMEI ponsel yang hilang pada provider. Polisi juga bisa melakukan identifikasi terhadap kode IMEI berdasarkan ponsel yang dicuri.


Kode IMEI selalu ada dan melekat pada ponsel yang sahabat miliki, kode IMEI tidak akan berubah meskipun kalian ganti Sim Card. Jadi walaupun sahabat gonta-ganti Sim Card, kode IMEI yang sahabat miliki akan tetap sama. Oleh karena itu sahabat bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari ponsel kalian yang hilang atau dicuri.

Namun hal ini masih bisa diakali oleh pencuri-pencuri yang cerdik. Karena sekarang sudah beredar cara mengganti kode IMEI. Saat IMEI mereka diblokir oleh provider mereka akan mengganti kode IMEI pada ponsel tersebut dengan yang masih aktif. Oleh karena itu kalian tidak boleh sembarangan menyebarkan kode IMEI ponsel miliki kalian, karena bisa saja teman kalian usil menggunakan IMEI ponsel kalian.



Cara Melihat atau cara mengecek kode IMEI Pada Smartphone Android sahabat

IMEI pada ponsel sahabat bisa dilihat dengan  cara sebagai berikut:

Masuk Menu Dial Panggilan

Ketikan *#06#

Maka akan langsung muncul kode atau nomor Imei yang sahabat miliki

Cara ini merupakan cara yang sering digunakan, selain itu cara ini hampir bisa digunakan di semua ponsel untuk mengecek IMEI. Namun, selain cara ini terdapat cara-cara khusus untuk beberapa ponsel untuk melihat kode IMEI nya, cntohnya:

IOS (iPhone, LTE/3G iPad): Setting-> General -> About.

Android: Setting -> About Phone.

Sony Ericssson (model lama): ketikkan *kanan*kiri kiri*kiri* menggunakan keypad.

Sony Ericsson atau BlackBerry model baru: Options -> Status.



Setelah sahabat mengetahui kode atau nomor IMEI dari ponsel sahabat, sebaiknya sahabat mencatatnya kemudian menyimpannya baik-baik karena kode ini sangat penting. Sahabat juga bisa mencari tahu lebih detail lagi tentang IMEI sahabat  dengan mengunjungi situs IMEI.info. Itulah perngertian dan fungsi kode IMEI pada smartphone. Semoga setelah membaca artikel ini sahabat  menjadi lebih bijak dalam menjaga kode IMEI dan menambah pengetahuan sahabat betapa penting nya nomor atau kode imei itu sendiri apalagi bagi sahabat yang sering gonta ganti smartphone kalian dan membelinya yang second atau bekas maka hal ini sangat penting sahabat lakukan untuk mengetahui bahwa smartphone yang sahabat beli ori dan tidak dari hasil curian

Demikian yang dapat sahabat dunia berikan.
TERIMAKASIH telah berkunjung ke blog sahabat dunia.
Silahkan beri kritik,saran,dan komentar nya agar sahabat dunia memperbaiki segala kekurangan yang sahabat dunia lakukan..

SEE YOU NEXT TIME.!!!
"Apa Reaksi Sobat Tentang Artikel ini"

Disclaimer amang: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, sahabat dapat menghubungi kami. Disini

Show comments
Hide comments

1 Response to "Apa itu Imei,dan apa fungsinya"

"Silahkan beri kritik,saran,dan komentar nya secara bijak agar tidak menyinggung dari pihak manapun.
Untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi kedepannya."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel