-->

Mengenal apa itu NFC.!!! Serta fungsinya

Kembali lagi bersama sahabat dunia.Terimakasih kembali sahabat dunia ucapkan kepada seluruh sahabat yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk berkunjung di blog sahabat dunia yang sederhana ini.

Kali ini sahabat dunia ingin berbagi informasi kepada seluruh sahabat dunia mengenai apa sih itu Teknologi NFC,serta apa sih fungsi atau kegunaan nya.

Sebelumnya udah tau belum NFC itu apa..?
NFC (Near-field communication) merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama.

Pada jarak-dekat tidak ada definisi universal berapa panjang gelombang jarak-pendek namun untuk tujuan praktikal anggap saja panjang gelombangnya seperempat dari gelombang biasa antena dapat menghasilkan medan elektrik, atau medan magnetik, namun tidak medan elektromagnetik. 
Komunikasi NFC merupakan medan eletrik yang termodulasi, atau medan magnetik termodulasi, namun tidak berasal dari gelombang elektromagnetik radio. Sebagai contoh, antena putaran kecil, juga dikenal sebagai putaran magnetis menghasilkan medan magnet, yang dapat diambil oleh antena putar kecil lainnya, jika cukup dekat.
NFC magnetis memiliki sifat yang dapat menembus konduktor yang dapat membalikkan gelombang radio.

FUNGSI NFC.
NFC merupakan suatu fitur yang mungkin sahabat pernah lihat ada iklan handphone orang yang sedang meletakkan HandPhone nya bertumpang menjadi satu,terus bisa tukeran kontak,file,dan foto.
Awalnya sih tujuan NFC ini adalah untuk transfer file antara handphone,tetapi fitur unik NFC ini yang butuh jarak dekat, itu membuatnya menjadi ada kelebihannya tersendiri.Kenapa sahabat dunia bilang unik, karena fitur ini butuh jarak yang sangat dekat untuk melakukan komunikasi.

Kesalahan umum orang yang memahami NFC ini adalah mengira bahwa si NFC ini yang sering di pakai untuk copy data,NFC nya sebetulnya bisa copy data tapi pelan,yang menarik adalah NFC ini bisa di pakai untuk men trigeer supaya kedua hp yang ketemu itu bisa mentransfer data dengan cara lain, misalkan melalui BLUETOOTH atau via WIFI. Jadi kalau ketemu nih kedua Handphone nya maka akan jalan bluetooth atau wifi nya.

Poin utama yang paling penting dari NFC adalah ketemu, kenapa..? Karena harus jarak dekat,jadi memastikan bahwa kedua Hp tersebut memang ketemu.

Dalam perkembangan nya NFC sudah di kembangkan menjadi banyak macam ya.!!! Sebagai contoh saja jika sahabat mempunyai Handphone yang ada fitur NFC nya,ketika sahabat sedang menonton film di Youtube terus ada teman sahabat yang mempunyai Handphone yang ada juga fitur NFC nya, sahabat bisa mencopy film nya ke Handphone teman sahabat dengan cara menempelkan handphone sahabat ke Handphone teman sahabat, jadi kedua handphone nya akan menonton film yang sama, cukup canggih bukan.

Kemudian  NFC akhir akhir ini mempunya fitur yang lagi marak nihh kenapa...? Fitur NFC bisa digunakan sebagai alat mengecek isi saldo kartu pembayaran sahabat, tetapi sahabat harus mengisntal juga ya aplikasi tambahan yang sesuai dengan bank apa yang sahabat gunakan. Dengan adanya NFC sahabat tinggal menempelkan kartu sahabat ke Handphone nya maka beberapa saat kemudian akan muncul lah total atau isi saldo dari E-TOOL sahabat.

Dengan NFC bukan hanya bisa membaca berapa isi saldo sahabat yang ada di dalam kartu pembayaran sahabat,tetapi jua bisa untuk di pakai mengisi saldo tersebut,tentunya bisa di gunakan dengan menggunakan aplikasi atau acount sesuai dengan kartu ATM sahabat. Jadi bisa mengisi melalui Handphone dengan cara di transfer ya sahabat.

Zaman sekarang bukan hanya handphone saja yang ada NFC nya tetapi ada juga di kartu pembayaran,Bluetooth speaker sahabat tidak usah pusing pusing untuk menyetting menyambungkan bluetooth sahabat ke Handphone agar bisa memutar musik,kalau ada fitur NFC nya sahabat tinggal menempelkan Handphone sahabt ke speaker nya agar bisa memutar musik, dan yang paling penting adalah kamera menggunakan fitur NFC. Dengan adanya fitur NFC di kamera sahabt tidak usah lagi kan lepas memory untuk mencopy hasil foto nya,tetapi hanya dengan menempelkan handphone sahabat ke Kamera nya dan sahabat pun bisa mencopy foto nya di handphone sahabat.

Mungkin itu saja pembahasan kita mengenai NFC apakah sahabat sudah dapat memahaminya.
Silahkan beri kritik,saran, dan komentar nya ya sahabat.

OK SEE YOU NEXT TIME SOB.!!!
"Apa Reaksi Sobat Tentang Artikel ini"

Disclaimer amang: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, sahabat dapat menghubungi kami. Disini

0 Response to "Mengenal apa itu NFC.!!! Serta fungsinya"

Post a Comment

"Silahkan beri kritik,saran,dan komentar nya secara bijak agar tidak menyinggung dari pihak manapun.
Untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi kedepannya."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel