-->

Wajib baca!!! Tips dan cara membeli hp android bekas yang baik,bagus,dan berkualitas!!!


Tips dan cara membeli hp android bekas yang baik,bagus,dan berkualitas!!! Saat ini banyak sekali kemajuan khususnya di bidang komunikasi, telah hadir berbagai inovasi tentang perangkat mobile. Di bandingkan dengan perangkat desktop, perangkat mobile (smartphone & tablet) lebih banyak digunakan oleh banyak orang. Bukan tanpa sebab pasalnya smartphone android hadir dengan berbagai aplikasi yang ada dan pastinya karena sudah banyaknya penjualan smartphone android di pasaran.

Saat ini banyak produsen smartphone yang memberikan inovasi baru yang akan memberikan kepuasan kepada konsumenya, selain itu karena tingginya permintaan akan jual beli smartphone. Maka makin banyak pula produsen smartphone dan tablet, khususnya tablet android yang di rasa lebih bagus dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan smartphone jenis lain.

Mungkin dari segi harga itu tergantung spesifikasi yang diberikan, akan tetapi secara garis besar untuk kelas smartphone. Smartphone android lah yang paling lengkap dengan fitur yang bagus dan harga yang lebih terjangkau jika anda bandingkan dengan smartphone jenis lain.

Banyak orang yang lebih memilih membeli smartphone bekas daripada baru. Alasannya bisa ketebak, karena harganya jauh lebih murah. Untuk itu kalau sahabat ingin membeli hp atau smartphone android bekas atau second baik itu di konter cod maupun online alangkah baik nya memperhatikan dan memilih secara jeli hp tersebut apakah masih layak, baik, bagus, dan berkualitas, agar sahabat tidak tertipu atau menyesal di kemudian hari.

Namun, beli smartphone bekas itu diibaratkam bagai membeli kucing dalam karung. Ya, kita tidak tahu pasti kondisi sebenarnya dari smartphone second tersebut. Body atàu tampilan luarnya boleh mulus, dalamnya kita nggak tahu kan? 

Dalam membeli hp android alangkah baik nya sahabat  memilihnya, jangan sembarang beli karena tergiur harga yang jauh lebih murah di banding harga pasaran.Untuk itu baca lah artikel ini sampai habis agar sahabat tidak keliru dalam memilih hp.

Berikut ada beberapa cara dan tips untuk memilih hp android yang baik, berkualitas dan bagus.

1. Pertama sahabat harus memperhatikan body fisik si  handphone tersebut apakah masih mulus atau sudah ada cacat.
Sebelum sahabat mengecek bagian dalam si handphone  tersebut alangkah baik nyà sahabat melihat bagaimana kondisi fisik handphone nya karena dari fisik nya kita dapat menilai bagaimana  orang yang sebelumnya  memakai hp tersebut bisa merawat hp atau malah sebaliknya. Karena apabila hp tersebut memiliki cacat di bagian fisik seperti lecet body bagian belakang dan retak di bagian layarnya maka kemungkinan besar hp tersebut bekas terjatuh dan lain lain kita tidak tahu bagaimana kondisi si mesin handphone setelah terjatuh apakah mengalami masalah dan yang lain lainya.


2. Yang kedua hal yang paling penting adalah sahabat memeriksa Nomor IMEI.
Apa itu imei,dan apa fungsinya . Imei di ibaratkan adalah identitas dari handphone itu sendiri,hal yang sahabat wajib lakukan sebelum membeli handphone baik itu bekas maupun yang baru adalah memeriksa atau mengecek nomor imei nya dan membandingkan dengan box handphone nya apakah sama atau tidak. Karena apabila nomor imei nya tidak cocok atau tidak sama dengan box handphone itu maka handphone tersebut di ragukan ke aslian nya atau malah barang replika, apalagi sahabat membeli handphone yang bekas atau second . Adapun cara untuk mengecek nomor imei handphone di android  sahabat adalah dengan mengetik dial telepone *#06#.

3. Memeriksa kelengkapan handphone. 
Pilih lah handphone yang masih memiliki kelengkapan yang  konplit seperti charger,headset, dan box hp. Dalam membeli handphone sahabat sebaik nya membeli dan memilih handphone yang masih ada box nya dan yang lain lain,jangan lah sahabat beli handphone yang batangan,di takutkan handphone tersebut adalah hasil dari barang curian.

4.Cek speaker handphone.
Periksa dan tes lah speaker handphone dengan cara memutar musik dan memutar video.

5.cek atau tes kamera.
Bagian ini juga merupakan hal yang terpenting, karena di beberapa kasus yang membeli hp bekas atau second yang kamera nya rusak atau eror.
Periksa lah dengan cara membuka aplikasi kamera dan lakukan tes untuk memotret dan merekam video baik itu kamera belakang maupun depan. Jika ada lampu led flash nya maka tes lah dengan menggunakan led nya agar tidak menyesal di kemudian hari.

6. Cek jek audio dan jek charger.
Tes lah jek audio dan jek charger dengan memutar musik menggunakan earphone atau headset dengarkan apakah suara nya ada memiliki masalah dan lain lain.
Kemudian cek jek chargeran dengan mengetes melakukan pengecasan pada handphone apakah masih bisa mengecas atau tidak.

7. Tes sinyal pada handphone.
Tes lah sinyal handphone yang bakalan sahabat beli dengan cara melakukan panggilan telepon. Setelah itu tes juga dengan cara menghidupkan data seluler  handphone dan melakukan browsing internet dan lain lain. Jika handphone yang bakalan sahabat beli sudah support sinyal 4g hal ini sangat penting di cek apakah 4g nya masih bisa di hidupkan atau tidak,karena di beberapa kasus ada masalah di bagian sinyal 4g menghilang, biasanya kasus ini terjadi kebanyakan di hp china seperti xiaomi,karena kesalalahan update rom dan yang lain lain.

8.cek segel handphone yang akan sahabat beli.
Kemudian di tips ke delapan  yaitu dengan mengecek segel yang ada pada hp android, pastikan smartphone android belum pernah di service sebelumnya.

Caranya dengan mengecek bagian belakang dan buka casing penutup hp android, buka semua komponen seperti baterai dan casing juga,namun hal yang sulit adalah mengecek segel handphone yang menggunakan bateray tanam yakan sahabat pasti sangat membingungkan bagi sahabat untuk mengecek apakah handphone yang akan sahabat beli sebelumnya ada pernah di bongkar atau belum,hal yang dapat sahabat lakukan untuk mengecek handphone yang menggunakan bateray tanam apakah sudah pernah di bongjar atau belum adalah melihat sisi smartohone apakah masih rapat atau ada sedikit renggang. Apabila ada sedikit renggang besar kemungkinan handphone itu sebelumnya sudah pernah di bongkar.

Adapun cara mengecek handphone yang menggunakan bateray non removable atau bisa di lepas bisa membuka casing belakang dan lihat  apakah  ada baut yang hilang atau komponen yang hilang maka dipastikan sudah pernah diservice atau pernah di bongkar, untuk lebih akurat lagi jika sahabat mencium hp android tersebut. Jika tercium seperti bau terbakar atau seperti bau solder, maka hp tersebut jelas sudah di service atau diperbaiki sebelumnya.
Karena besar kemungkinan handphone yang di jual di pasaran adalah hasil rakitan dari si penjual apalagi kalau sahabat membelinya di ponsel ponsel.
Tidak sedikit nanti hp yang hasil perbaikan (rekondisi) akan cepat rusak, berbeda dengan hp android bekas yang belum pernah di service. Dengan kata lain hp android yang belum pernah diperbaiki berarti komponenya masih asli pabrik tentu lebih bagus dan kuat.

9. Masih bergaransi.
Alangkah baik nya memilih dan mencari handphone yang masih bergaransi apa lagi masih bergaransi yang sangat panjang jadi dalam memilih handphone bekas tanyakan juga seberapa lama pemakaian orang yang sebelumnya dalam memakai handphone tersebut apa masih baru saja atau sudah lama.

10. Test penggunaan handphone.(tes perangkat).
Hal ini juga tak kalah penting nya kan sahabat,masa kalau kita beli handphone kita mengetes perangkat nya terlebih dahulu apakah nyaman digunakan dengan kita apa tidak,siapa tau dari semua hal sudah pas seperti body mulus kamera bagus speaker jernih semua jack berfungsi dengan normal,tetapi kalau sistem yang ada pada smartphone tersebut kita tidak senang ada ada masalah seperti lag lag saat di gunakan hal ini kan sangat bahaya ya kan sahabat.

11. Cek harga pasaran.
Biasanya hp bekas memiliki harga patokan atau kisaran harga. Jadi ketika kamu mendapatkan smartphone bekas dengan harga yang jauh dibawah kisaran harga hp bekas tersebut, jangan langsung dibeli. bat sudah merasa cocok dan nyaman dengan handphone yang bakalan sahabat beli sahabat melakukan reset ulang handphone di tempat  sahabat cod, atau meminta si pemilik handphone nya untuk melakukan reset ulang.

Cara factory reset hp adalah dengan masuk ke Settings > Setelah tambahan > Cadangkan dan Setel Ulang > Kembalikan ke setelan pabrik


Mengapa banyak orang yang takut membeli hp bekas? Sebab banyak ketidak jelasan mengenai performa hp itu sendiri dan banyak komponen yang kadang sudah diganti.

Kemudian ketika handphone itu sudah diganti komponennya, harga dilambungkan tinggi namun ketika dibawa pulang ternyata performa menurun drastis dan tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

Oleh karena itu membeli dan memilih hp bekas ini sangat penting adanya. Salah satu tips bila sahabat adalah orang awam dalam mengecek hp, kamu bisa mengajak teman untuk menemani kamu membeli hp bekas,agar tidak menyesal di kemudian hari.

Demikian tips dan cara untuk memilih dalam membeli hp android atau smartohone  yang baik, bagus dan berkualitas.

SEE YOU NEXT TIME SOB !!!

"Apa Reaksi Sobat Tentang Artikel ini"

Disclaimer amang: Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, sahabat dapat menghubungi kami. Disini

Show comments
Hide comments

3 Responses to "Wajib baca!!! Tips dan cara membeli hp android bekas yang baik,bagus,dan berkualitas!!!"

  1. Mantap gan sangat bermanfaat artikelnya jadi tau saya cara membeli hp bekas yang berkualitas sangat membantu bagi saya yang kerjanya jual beli hp gan hee..moga sukses ya

    ReplyDelete

"Silahkan beri kritik,saran,dan komentar nya secara bijak agar tidak menyinggung dari pihak manapun.
Untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi kedepannya."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel